International
Network
Global
Issues

Internasional Network and Global Issues

OlehBiro Eksekutif PN IAP
Published:15 March 2018

PROGRAM - INTERNATIONAL NETWORK & GLOBAL ISSUES

International Network & Global Issues (INGI) merupakan program meningkatkan eksistensi IAP di komunitas organisasi keprofesian perencana komunitas perencana dunia termasuk membantu transformasi perencana Indonesia agar dapat berkompetisi di lingkup regional ASEAN. Program INGI juga berperan sebagai jembatan dari penetrasi isu strategis global kedalam lingkup nasional ataupun sebaliknya. 

Isu strategis IAP yang terkait dengan hubungan internasional adalah perlunya eksistensi IAP dalam kegiatan-kegiatan komunitas perencana dunia dan dengan beberapa organisasi perencana Negara lainnya. Selain itu juga penguatan perencana Indonesia dalam konteks kerjasama dengan secretariat ASEAN terkait Mutual Recognition Agreement (MRA) dimana menjadi isu penting dalam menjaga perencana Indonesia agar dapat bersaing dengan perencana lain di lingkup regional.  

INGI bertujuan menjadikan IAP diakui sebagai organisasi profesi yang aktif di lingkungan internasional dan terdepan dalam menjawab isu global terkait dunia perencanaan wilayah dan kota. Berikut adalah sasaran untuk mencapai tujuan tersebut:

  1. Menjalin komunikasi aktif dengan asosiasi dan organisasi keprofesian internasional
  2. Menghadiri kegiatan (konferensi/temu organisasi/seminar/forum/rapat/dll) internasional
  3. Melakukan kerjasama dengan organisasi perencana dunia
  4. Melakukan sharing knowledge kepada perencana Indonesia juga sebaliknya
  5. Membangun pembahasan dan kerjasama dengan secretariat ASEAN terkait MRA